Wednesday, April 23, 2014

Dialog Hati Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S2R2)

SKETSAKU – JAKARTA. Sebuah keinginan acap kali membuat hati kita tidak tenang. Malah terkadang membuat hati kita bergelora sekaligus berputar-putar seraya bertanya, apakah yang akan kita lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut.
Kira-kira seperti itulah hal yang dirasakan penghuni Sanggar Seni Rupa Rawamangun ketika mencetuskan ide untuk membuat sebuah pameran seni rupa di awal tahun 2014 lalu. Dari sana, akhirnya diambil keputusan untuk mengambil tema “Dialog Hati”.

Pameran yang dibuka pada tanggal 7 Januari 2014 tersebut tidak hanya menggelar pameran seni rupa saja, melainkan juga menghadirkan tontonan berkualitas seperti live music dan dance performance. Dahsyatnya lagi adalah semua pertunjukan yang disuguhkan merupakan kreasi anggota Unit Kesenian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UKM-UNJ).
Taufik Hidayat selaku Ketua Pelaksana Pameran tersebut menyebutkan bahwa di kampusnya ada lima bagian UKM seni yang sudah terbentuk sejak lama. Diantaranya adalah Seni Suara, Seni Tari, Seni Drama, Band dan yang paling tua keberadaannya adalah Seni Rupa.

“Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S2R2) ini adalah UKM seni yang paling tua diantara yang lainnya. Dibentuk kira-kira tahun 1982. Dan enaknya menjadi bagian UKM ini adalah semua alumni kampus itu masih aktif, baik itu kalau kumpul-kumpul biasa bahkan ada beberapa yang memang menjadi pengisi materi di UKM.”

Tujuan diadakannya pameran tersebut adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa mahasiswa UNJ punya bakat-bakat seni yang memang apik dan layak mendapatkan apresiasi lebih. Humas   pameran S2R2 itu, Setyowati Wulandari juga menuturkan bahwa pameran ini adalah salah satu ajang unjuk gigi hasil dari pembelajaran para anggota UKM selama setahun terakhir.

“Ini sebenarnya acara tahunan UKM yang biasanya kita adain di lingkungan kampus. Cuma di tahun ini kita mau ada suasana baru, makanya kita pilih untuk pameran di Museum Mandiri ini. Untuk persiapan sendiri butuh waktu sekitar dua bulanan. Disini siapapun bisa ikut menikmati sajian acara kami secara gratis. Tapi untuk lomba ada biaya registrasinya sendiri.”, ucap gadis yang akrab disapa Riri itu.

Acara yang digelar dari tanggal 7-10 Januari 2014 tersebut menampilkan beragam performance setiap harinya. Mulai dari tari daerah di hari pembukaan, modern dance, body painting sampai penampilan band bentukan UKM. Selain itu, ada beberapa lomba yang bisa diikuti oleh pelajar dan masyarakat umum diantaranya lomba mewarnai, menggambar di media caping dan kaos serta graffiti.

Riri berharap dengan adanya pameran tahunan ini, bisa memacu anggota UKM-UNJ untuk terus berkarya dan juga semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi karya-karya tersebut.

“Seni adalah sesuatu yang datang dari hati dan kita nyaman dalam membuatnya dan bisa dinikmati oleh semua orang.”

-----------------------------------------------------------------
Tulisan ini juga dapat dibaca di website Sketsaku.com

No comments:

Post a Comment